Toko Bagus Vs Kaskus Vs Berniaga Vs EBay

Toko Bagus Vs Kaskus Vs Berniaga Vs EBay - Zaman sekarang emang sudah serba online, karena kepraktisan. Tinggal menunggu barang yang dipesan langsung sampe ke rumah barangnya (tentunya tetap dibayar donk). Selain itu belanja online biasanya lebih murah daripada harga retail. Karena mengingat harga BBM juga sudah tidak murah, belum lagi kalau mencari barang yang langka di pasaran, online shopping jadi pilihan. Walaupun di banyak daerah masih terseok- seok karena pemerintah belum concern.


Setidaknya ada 4 situs online yang paling terkenal di Indonesia, antara lain: Ebay Indonesia/ Internasional, FJB Kaskus, Tokobagus dan Berniaga. Jadi dimana dari ke-4nya yang paling unggul, mari kita lihat...


Ketenaran
Secara International, EBay sudah lebih terkenal tentunya. Tokobagus dan Berniaga lebih banyak diminati nubitol karena diiklankan di TV nasional, tidak ada sistem kasta dan relatif lebih friendly daripada Kaskus. Namun Kaskus sudah lebih lama mengudara sebagai online shopping.



Quote:
Tampilan
Ebay memiliki tampilan yang menarik namun membingungkan karena terlalu banyak penawaran yang masuk first page mereka padahal terkadang ini tidak begitu penting karena fitur searchnya yang paling sukai.


KasKus memiliki tampilan yang menarik namun juga membingungkan karena first page diawali dengan forum. Hal ini dimaklumi karena memang kaskus bukan untuk tempat belanja. Di FJB sendiri tampilan tidak jauh beda sari ebay, namun sekali lagi tampilan semrawut dengan lapak2 terbaru sebenarnya tidak bermanfaat bagi pembeli karena biasanya mereka menelusuri melalui kata kunci


TokoBagus memiliki tampilan yang menarik dan sederhana. Diawali dengan kategori dan sederhana. Sangat mempermudah orang yang mau berbelanja melalui kata kunci maupun kategori.


Berniaga memiliki tampilan yang terkesan sederhana dan kuno. Tidak banyak efek gambar yang ditawarkan disini dengan warna coklat muda terkesan kurang menarik. Pemberian warna netral seperti putih, biru, mungkin akan membuat web site ini lebih menarik.
Quote:
Search Engine
EBay memiliki search engine terbaik dengan multi opsi. Anda bisa mengurutkan dari yang termurah/ termahal. Akurasi hasil temuan EBay sangat baik karena menunjukan barang dicari berdasarkan kesesuaian / analisa kata kunci.


KasKus memiliki search engine yang sederhana dan merepotkan karena berbaur dengan hasil temuan di forum (non FJB), tingkat akurasi yang rendah dan tidak ada opsi pengurutan harga. Kategorisasi merepotkan dan hasil temuan tidak bisa disimpan / analisa. Sederhana, search engine kaskus masih primitif (Kecuali KasBet).


Tokobagus memiliki search engine yang setingkat diatas kaskus karena bisa menggolongkan berdasar lokasi dan kategori barang. Namun masih dibawah kepintaran search engine ebay. Akurasi sedang namun hasil temuan tidak dapat dianalisa/ disimpan.


Berniaga memiliki search engine yang sama dengan tokobagus.
Quote:
Variasi/ Jumlah Barang yang Ditawarkan
Ebay miliyaran barang yang dijual di ebay dengan variasi yang sangat beragam. Anda bisa menemukan hampir segala sesuatu disini. berasal dari luar negeri. Namun tidak pelru takut mahal karena banyak seller yang menjual dengan "Free Shipping" alias ongkos gratis karena mereka berlangganan dengan pos setempat sehingga ongkir tidak dibayarkan lagi secara terpisah.


KasKus sangat banyak dan beragam dan berasal dari Indonesia. Diantara online shopping lokal, Kaskus adalah yang terlengkap. Banyak lapak yang sudah terjual/ dobel masih ditemukan di hasil pencarian.


Tokobagus sama banyak dan masih berkembang. Hasil temuan tidak akan dobel dan yang terjual tidak akan bisa ditemukan lagi sehingga menghemat waktu untuk membuka lapak tanpa perlu takut/ ragu "apa lapak ini uda saya buka?"


Berniaga hampir sama dengan tokobagus.
Quote:
Masalah / Pengiriman
Ebay banyak seler internasional yang menolak Indonesia sebagai destinasi pengiriman karena Indonesia pernah masuk blacklist (agan tahu sendiri bobrok negeri kita). Jika barang relatif mahal,(value > 50 USD) buat kepala sakit, ngurus ke bea cukai, calo sana sini dan jangan heran sama uang ++nya. Ane pribadi kapok ngurusya. Jika barang < 50 USD, gak ada masalah. Barang juga sering dilaporkan hialng/ tidak sampai. Namun Ebay memiliki sistem dispute yang relatif aman bagi pembeli dari penjual nakal.


Biasaya untuk penjual dari hongkong (korporat) menawarkan gratis ongkir, meskipun jauh no problem. Cuma agak lama baru nyampai 1-1,5 bulan (kecuali menggunakan regular dengan nomor resi, bisa dilacak dan maksimal 2 minggu sudah sampai)


Kaskus masalah overposting yang membuat malas penjual karena biasanya hasil ketikan bisa hilang. Untuk penjual bisa bebas sesuka hati mereka menjual dengan cara masing2.


Di Indonesia ada 3 ekspedisi yang digunakan yaitu, JNE, TiKi dan POS. Masalahnya untuk jarak jauh harga ongkir ini kadang bisa lebih mahal daripada barangnya sendiri. Asuransi harus ditambahkan sebelumnya yang artinya packing kayu untuk claim yang rusak/ hilang.


Tokobagus tidak ada masalh overposting. Untuk penjual, iklan bisa ditolak dengan alasan aturan yang tidak jelas, namun itu pun relatif tergantung yang memoderasi. Setiap ikaln yang diedit biasanya tidak lulus sensor. Tidak boleh ada kata Kaskus di gambar jadi menyulitkan sekali kalau gambar yang sama untuk jualan di kaskus.


Pengiriman sama dengan kaskus


Berniaga sama dengan Tokobagus
Quote:
Pembayaran
Ebay sangat merepotkan karena wajib punya kartu kredit dan paypai (anda harus punya modal)


Tokobagus mengandalkan COD, rekber khusus (yang ane tahu cuma Rekber Yudhistira), trnasfer langsung


Kaskus mengandalakan COD, rekber (semua jenis), trnasfer langsung


Berniaga sama dengan tokobagus
Quote:
Keamanan
Ebay sangat aman karena memiliki sistem buyer's protection yang akan sangat menguntungkan pembeli


Kaskus memiliki GRP (Cendol) namun tidak absolut, reputasi berdasarkan posting namun tidak absolut, testimonial (bisa dilacak) biasanya lebih aman. Moderator relatif apatis, tidak ada tempat pengaduan. Salah satunya kasus Shanti Lim, Kaskus tidak pernah menutup lapak penipu walaupun sudah dilaporkan bahkan masuk ke laporan polisi. Setelah dilaporkan pun lapaknya sampai sekarang masih terbuka walaupun si shanti lim penipu ini membuka ID lain.


Tokobagus memiliki verified member namun tidak absolut karena ada juga VM yang menjadi penipu. Walaupun celah penipu di Tokobagus lebih besar karena tidak ada fasilitas testimoni dan GRP namun moderator sangat responsif terhadap setiap laporan.


Berniaga tidak memiliki cara verfikasi. Moderator sangat responsif terhadap laporan penipuan.
Selain itu online shopping lainnya adalah OLX, BliBLi.com namun karena tidak pernah belanja/ jualan disana makanya tidak dibuat reviewnya.

1 komentar: